Jumat, 06 Februari 2015

Aplikasi-aplikasi untuk Streaming dan Download Film Lewat Android

Menonton dari laptop atau dvd player secara langsung masih merupakan pilihan yang paling banyak diminati oleh orang-orang karena pertimbangan harga yang harus dikeluarkan untuk menonton di bioskop dan kenyamanan menonton di rumah atau kamar sendiri. Tetapi seiring perkembangan zaman, muncullah berbagai gadget dan yang paling dominan tentunya adalah Android baik berupa smartphone maupun tablet.

Android memberikan pilihan baru kepada kita untuk menonton film atau TV Show secara lebih efisien kapan saja dimana saja. Tidak perlu menunggu untuk menyalakan laptop dan menonton sambil menancapkan colokan atau pergi ke tempat rental untuk menyewa film yang kamu suka (beruntung kalau filmnya ada).

Umumnya, di semua Android sudah terpasang aplikasi youtube untuk streaming video langsung tetapi terkadang ada beberapa kendala yang membuat menonton film di YouTube menjadi kurang menyenangkan seperti buffering dan kesulitan mencari film full movie (Sebenarnya memang ilegal untuk memasang film panjang penuh di YouTube dan kalau pun ada tidak bisa didownload).

Beruntung, seperti pepatah lama yang mengatakan 'Banyak jalan menuju ke Roma' ada cara-cara lain yang bisa digunakan untuk bisa menonton dengan nyaman dan leluasa lewat android kita. Berikut adalah beberapa aplikasi yang menurut saya merupakan yang terbaik untuk Streaming dan Download Film berkualitas dari Internet.

1. Tubemate

Aplikasi ini merupakan youtube downloadable. Pada aplikasi ini, fitur-fitur untuk streamingnya tidak secanggih youtube original seperti jendela video yang bisa dikecilkan sambil browsing video lain, tetapi yang membuatnya jauh lebih unggul dibanding youtube original adalah tombol panah hijau kecil di sudut kanan atasnya yang membuat kita bisa mendownload video dalam berbagai kualitas yang berbeda, dari MP4 HD, 3GP, FLV, bahkan mampu mengkonversi official video dari vevo menjadi file mp3 dengan kualitas suara yang bagus setelah mendownload mp3 converter. Selain itu, jika koneksi data atau wifi terganggu maka dia akan melanjutkan secara otomatis setelah koneksi kembali stabil. Kita juga dapat pause atau resume aktivitas download sesuka hati. Aplikasi ini berasal dari luar playstore sehingga sebelum menginstal aplikasi ini pastikan untuk mengubah setting keamanan pada device terlebih dahulu.

2. Viki
Ini merupakan salah satu aplikasi yang menarik karena selain film, aplikasi ini juga menawarkan TV Show dan serial (Kebanyakan serial korea sehingga buat para pecinta korea pasti menyukai aplikasi yang satu ini). Kelebihan aplikasi ini adalah tampilannya yang menarik dan pilihan tontonan dari berbagai kategori (sortir berdasarkan negara, paling populer atau recently added) dan sebagian besar film nya subbed dengan pilihan subtitle dari beragam bahasa. Kekurangannya yaitu hanya bisa Streaming (No download, yeah!). Serial dan TV Show yang up to date sebagian besar dari Korea dan hanya sedikit sekali serial barat (Memang ada beberapa tapi serial serial itu bahkan terlalu tua untuk disebut vintage). Untuk film juga lebih didominasi film Korea dan Asia, termasuk Indonesia (Tapi jangan harap akan menemukan sinetron ribuan episode seperti tersanjung di aplikasi ini). Aplikasi ini dapat ditemukan di playstore dan tersedia untuk diinstal secara gratis.

3. TV Portal
Sama halnya dengan tubemate, aplikasi ini juga tidak berasal dari playstore melainkan dapat dijumpai di Opera Store atau search di google. Meskipun demikian, pendapat saya ini adalah Best app among all. Berbicara dari sudut pandang personal sebagai pecinta serial barat yang tidak mempunyai jaringan TV kabel di kamar kost, ini adalah aplikasi terbaik untuk menonton serial barat kapan saja dan dimana saja. Bukan hanya serial dan TV Show, tetapi juga film-film terbaik yang tak terbatas jumlahnya dapat ditonton lewat aplikasi ini. Sebelum itu, pastikan sudah terdapat aplikasi video player yang compatible dengan aplikasi ini (Seperti BS Player atau MX Player). Saya pribadi lebih suka menggunakan MX Player. Jaringan data atau wifi lemah? Bukan masalah. Demi Tuhan! Sama sekali bukan masalah. Cukup download saja video nya. Caranya yaitu dengan mendownload sebuah aplikasi dari playstore yang bernama Loader droid. Aplikasi ini bekerja dengan cara yang sama dengan IDM pada PC. Jadi ketika memilih acara yang akan ditonton, seperti biasa akan muncul link link yang berisi URL film/show tersebut (Di Indonesia, link yang paling bisa dipercaya adalah gorillavid dan novamov). Pastikan link itu bekerja terlebih dahulu dengan menjalankan acaranya menggunakan BS/MX Player (pada layar akan muncul berbagai pilihan untuk memutar acara tersebut, pilih BS/MX Player Player lalu klik just once/hanya sekali. Jika link nya bekerja kembali ke play video tetapi kali ini menggunakan Loader droid. Kita dapat mengganti nama film sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya saya menggunakan Judul+Season+Episode (Contohnya 'CastleS5E07'). Tersedia juga pilihan menggunakan wifi/mobile network. Sama seperti Tubemate, aplikasi ini juga bersifat resumable, jadi jika jaringan hilang dia akan berhenti dan melanjutkan setelah jaringan kembali stabil. Jika berbicara mengenai kekurangan, maka tidak adanya subtitle mungkin bisa disebut sebagai kekurangannya. Tapi hal ini dapat disiasati dengan mendownload subtitle dari browser dengan format srt.  atau format lain yang compatible.

4. Puffin Browser
Browser? Bukankah kita sedang membicarakan mengenai menonton film di sini? Yup! Jangan heran. Browser bawaan di Android kita terkadang dapat menampilkan video tetapi ada Beberapa yang tidak bisa kita putar. Apakah ada yang pernah mengunjungi bioskop 25 lewat PC anda (Mungkin maksud saya Bioskop 21? Tidak! yang saya maksud benar-benar bioskop 25, sebuah situs Internet dimana kita bisa menonton film-film keluaran terbaru bahkan sebelum beredar di bioskop yang sebenarnya. Lebih dahsyatnya lagi, sudah ada subtitle bahasa indonesia yang trusted in synchronisation and accuracy.) Sayangnya browser biasa tidak bisa digunakan untuk Streaming di bioskop 25. Di sinilah puffin browser hadir, dapat didownload di playstore secara gratis. Tetapi puffin browser tidak bisa bekerja sendiri, kita juga harus mendownload flash player dari luar playstore baru bisa mendapatkan Streaming film yang luar biasa cepat dan menyenangkan. Kekurangan dari aplikasi ini yakni sama seperti manusia, tidak abadi. Kita hanya bisa menikmati trial version nya dan selanjutnya harus mau merogoh kocek virtual kita untuk bisa menikmati kemewahan ini lebih lama lagi. Tetapi Karena dasarnya memang culas (saya lebih suka menyebutnya kreatif, ehm... atau banyak akal) kita dapat meng-uninstal aplikasi ini kemudian me-reinstalnya lagi (walaupun hanya bertahan sehari).

Baiklah, sekian dari saya, semoga bermanfaat dan selamat menikmati.
Love, yumi (^_^)








1 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo, aku sudah ngikutin instruksi yang di nomer 3, pas aku pilih film/seriesny misal yang novamov, muncul tulisan "We couldn't retrieve thsi video. Please try anothe rmirror." dan dicoba di another mirror tetep muncul tulisan begitu, do you have any idea kenapa begini?

Referral Code Kredivo

 Kredivo adalah kartu kredit digital berupa aplikasi di smartphone yang memberikan kamu kemudahan untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam...