Selasa, 10 Februari 2015

Aplikasi untuk membaca Ebook dan novel melalui android

Beberapa waktu yang lalu, saya memposting sebuah artikel mengenai bagaimana cara menonton lewat android. Kali ini, kembali saya akan membahas bagaimana mengoptimalkan fungsi Android anda untuk sesuatu yang bermanfaat, bukan hanya sekadar digunakan untuk sosial media atau ajang gaya-gayaan.
Untuk para pecinta bacaan, membaca sudah seperti bernapas, tanpanya mereka tidak akan bisa hidup. Jika menilik satu dekade ke belakang, akses untuk membaca belum seleluasa sekarang. Jika tidak ingin menghabiskan uang di toko buku, biasanya harus menjadi anggota perpustakaan tertentu atau menyewa di tempat penyewaan buku (Kebanyakan komik). Jika menjadi anggota sebuah perpustakaan, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi seperti buku-buku tertentu yang hanya boleh dibaca di tempat atau jika boleh dipinjam, hanya dalam jumlah dan kategori yang terbatas. Terlambat mengembalikan akan dikenakan denda, sama halnya dengan terlambat mengembalikan buku di tempat penyewaan.
Syukurlah, teknologi semakin maju sehingga kita dapat mengenal yang dinamakan Electronic book atau lebih dikenal dengan istilah Ebook.  Ebook adalah buku yang diformat secara digital sehingga dapat dibaca secara virtual. Ebook dapat terdiri dari berbagai macam bentuk file seperti pdf, epub, txt, djvu, xps, mobi, dsb. Biasanya yang paling umum adalah pdf. Pertama kali ebook dibaca menggunakan laptop tetapi makin ke sini ebook lebih sering dibuka menggunakan gadget yang lebih praktis seperti tablet atau HP.
Di Internet sudah banyak beredar novel-novel populer baik klasik maupun yang terbaru dari berbagai Genre dalam banyak bahasa, termasuk bahasa indonesia (Penulis pribumi maupun terjemahan). Membaca menggunakan tablet menjadi pilihan utama karena ukurannya yang pas di tangan, sekitar 6-8 inci sehingga terasa seperti menggenggam sebuah buku. Jangan memilih tablet  yang berukuran terlalu besar misalnya 10.1 inci. Biasanya tangan akan cepat pegal dan tidak nyaman dalam menentukan posisi kecuali jika pembaca memang orang besar bertangan besar, pantaslah. Membaca menggunakan hp juga tidak saya sarankan sebagai pilihan utama, terbayang kan seberapa rapat kita harus menyipitkan mata untuk membaca tulisannya di layar yang kecil itu.
Ada banyak situs yang menyediakan bacaan untuk didownload maupun baca di tempat secara gratis seperti insomnia,  freeebookpdf,  portal novel,  dll. Bisa dicari dengan browsing di google. Untuk mendownload versi yang legit, dapat dilakukan melalui Amazon atau playbook.  Tetapi harus mengeluarkan biaya lagi. Ebook-ebook ini dapat didownload dalam format yang sudah disediakan oleh situs yang bersangkutan tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi ebook reader yang terdapat dalam tablet dapat digunakan untuk membuka ebook dalam format tersebut.
Berikut adalah beberapa aplikasi yang saya gunakan untuk membaca novel di device saya:
1. PlayBook
Aplikasi resmi Google yang memiliki desain luar biasa menarik dan efek saat membalik halamannya benar-benar menyerupai buku asli, suara dan bentuk kertas yang saling menumpuk di ujungnya membuat kita merasa seperti membalik halaman dari buku yang sebenarnya. Buku-bukunya dapat didownload langsung dari playstore. Jika beruntung, mungkin bisa stumble pada beberapa item gratis,  tetapi biasanya buku-buku populer semuanya berbayar. Tapi jangan khawatir, kita dapat mendownload sampelnya secara gratis baru kemudian memutuskan apakah buku tersebut memang layak untuk sejumlah rupiah.
2. Kindle
Ini adalah salah satu aplikasi untuk membaca yang paling populer di dunia, bahkan sudah ada gadget kindle yang benar-benar diperuntukkan hanya untuk membaca. Sayangnya, di negara kita tercinta ini, gadget yang bentuknya mirip tablet ini masih kurang diminati walaupun harganya relatif murah. Selain karena masih ada alternatif lain seperti tablet, kita juga memerlukan akun Amazon untuk membeli buku-buku yang tersedia di sana. Pengalaman saat mencoba membeli langsung dari Amazon, muncul tulisan yang menurut saya mendiskriminasi negara ini karena kita tidak diperbolehkan membelinya bahkan untuk buku yang gratis sekalipun. Untungnya ada Samsung Kindle yang bisa ditemukan di galaxy apps khusus untuk pengguna samsung yang bisa menjadi jalan keluar masalah ini. Setelah mendownload aplikasi tersebut di tab, kita dapat membeli buku langsung dari Samsung kindle tanpa mengalami kesulitan apa pun. Ebook yang disediakan khas Amazon, tertata rapi dan legit.
3. Wattpad
Wattpad adalah sebuah aplikasi yang dapat didownload secara gratis di playstore. Aplikasi ini memang disediakan untuk para pembaca mania yang mencari bahan bacaan yang segar dari genre-genre yang diminati (romance, mystery,  teenlit,  Horror,  dsb) dalam bahasa yang diinginkan. Bacaan yang terdapat di Wattpad kebanyakan ditulis bukan oleh penulis kenamaan tetapi penulis-penulis yang masih baru tetapi ingin membagikan karyanya kepada banyak orang tanpa penerbit atau promosi selangit. Cukup tulis lalu posting. Jadi selain untuk membaca, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menulis dan memposting karya kita untuk dibaca oleh banyak orang. Para penulis memposting karyanya per chapter dan jeda waktu antar setiap penulis biasanya bervariasi sehingga disarankan untuk membaca cerita yang sudah atau hampir selesai. Semakin banyak reader dan vote dari cerita tersebut, semakin menjanjikan cerita tersebut untuk dibaca. Kita juga dapat memberikan vote dan comment untuk chapter yang disukai. Jika sudah menyimpan suatu cerita di library, bahkan saat offline punya  cerita tersebut masih bisa dibaca.
4. Portal Novel Via browser
Ini adalah sebuah website yang berisi novel-novel populer yang sudah diterjemahkan oleh admin ke dalam bahasa Indonesia per babnya.  Saya pribadi kurang menyukai website ini dibanding aplikasi yang lain selain karena membutuhkan koneksi Internet terus menerus, tatap mukanya repot dan harus bolak-balik sana sini hanya untuk membaca bab selanjutnya. Saat membaca kita hanya bisa scroll down, tidak ada next page atau membalik halaman, belum lagi jika koneksi internet lambat, maka harus bersabar untuk loading. Banyak orang yang mengunjungi website ini karena dedikasi admin yang patut diacungi jempol dalam menerjemahkan novel-novel yang sedang digandrungi. Mottonya yaitu "Anda punya waktu Kami punya cerita".
5. Polaris  Office
Sama halnya dengan aplikasi serupa seperti King's office atau Olive office, aplikasi ini dapat membuka berbagai file seperti word, txt, pdf atau ppt.  Lebih cocok untuk kegiatan edukatif walaupun tidak ada salahnya untuk membaca novel ebook dalam bentuk txt. Walaupun hanya bisa scroll down, tetapi tidak ada tombol kembali yang harus ditekan seperti pada portal novel yang dibaca di browser, juga dapat dibaca offline. Sensasi membacanya sama seperti membaca lewat Microsoft Word PC. Untuk menyelesaikan cerita, cukup scroll down dari awal sampai akhir. Dapat digunakan untuk editing dan mengkonversi file ke dalam bentuk pdf.
6. Aldiko
Aldiko adalah aplikasi ebook reader terbaik yang pernah ada karena berbagai alasan. Yang pertama, aplikasi yang bisa didownload secara gratis di playstore ini punya tampilan bookshelf yang cantik dengan penataan yang simple dan elegan. Kedua, begitu didownload kita sudah mendapatkan satu ebook gratis, White Fang. Ketiga, dapat dibaca secara offline. Jika filenya sudah ada di SD card, maka yang dilakukan hanya sisa dibaca. Kemudian, tampilan bacaannya yang memikat, terutama untuk file epub. Walaupun hanya bisa membuka dua jenis format ebook yaitu pdf dan epub tetapi tampilan bacaannya sangat mengagumkan. Jika diibaratkan film, kualitas bisa disebut HD. Ada pengaturan ukuran huruf dan brightness sehingga tidak menyakitkan mata. Untuk epub bahkan terdapat mode siang dan malam jadi membaca di malam hari menjadi menyenangkan bahkan ketika lampu baca dimatikan karena backgroundnya menjadi hitam. Selain itu kita juga dapat purchase buku secara online, baik yang gratis maupun berbayar melalui Aldiko Store.
7. Ebook droid
Salah satu aplikasi ebook reader yang dapat dijumpai di playstore. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat membuka ebook dengan format yang lebih beragam. Kalau Aldiko hanya bisa untuk pdf dan epub, Ebook droid dapat membuka Format format seperti pdf, djvu,  XPS, comic book (coz, cbr), fiction book (fb2, fb2.zip), epub, rtf,  mobi dan azw3 (experimental). Interfacenya tidak sesederhana dan semudah Aldiko dalam pengoperasiannya jadi baru digunakan jika ebook tersebut memang tidak bisa dibuka dengan Aldiko. Bookshelf nya memiliki desain yang lucu dengan hiasan sarang laba-laba dan kita bisa memilih cara berpindah ke halaman selanjutnya.
OK! Itulah  cara-cara yang bisa digunakan untuk membaca lewat genggaman kita. Silahkan mencobanya sendiri, semoga bermanfaat. Membaca lewat tab memang praktis dan menyenangkan,  tetapi jangan pernah lupakan buku asli. Di atas saya memang sudah menulis panjang lebar mengenai membaca secara virtual, tetapi terus terang tidak ada yang mengalahkan bau perkamen baru yang menguar ketika halaman-halaman tersebut dibalik terlebih lagi membaca buku langsung lebih aman untuk mata. Pastikan untuk menggunakan brightness 0 dan atau memasang anti glare ketika membaca lewat tablet.
Love, yumi.

13 komentar:

Bagoes mengatakan...

Terima kasih referensi nya
:)

Unknown mengatakan...

Sama-sama (^_^)

VisiPress mengatakan...

Terima kasih untuk informasinya.

Saya juga mau berbagi informasi,
Buku-buku rohani dalam bentuk e-book tersedia di Visi Christian Store.
Mari kunjungi kami di http://visichristianstore.com/?product_cat=e-book.

Tuhan memberkati :)

Anonim mengatakan...

ka minta referensi e-book yang bisa baca gratis dong hehe

Anonim mengatakan...

Yang pengin baca2 novel gratis, mampir ke sini yuk! ;)

Http://nayacorath.wordpress.com

Unknown mengatakan...

Terimakasih sdri Mahsumi Yumi.

Mahsumi mengatakan...

+Ibnu Hajar: sama-sama

+Anonim: Kalau mau baca e-book yang novel terjemahan, biasanya banyak yang ke portal novel, di situ lengkap.Kalau suka baca tulisan bahasa inggris medianya lebih banyak lagi, ada playbook, amazon, atau jalan lain yang paling sering aku pake: ketik judul novel+penulis+format ebook(pdf/epub/etc). Contohnya nih aku mau download novelnya harry potter and the deathly hallows berarti ketik google dengan keywords "harry potter and deathly hallows JK Rowling pdf"

nanti bakal muncul situs-situsnya bejibun tuh, tinggal pilih mau ambil dari mana, masukin deh ke library ebook reader.

Buat referensi teens/young adults/fantasy novel yang baru selesai aku baca ada beberapa, semuanya bisa didownload di google:

- Scott Orson: Ender Series (mungkin ada yg pernah nonton filmnya, Ender's Game

-Semua Karyanya Rick Riordan (Percy Jackson Series, Heroes of Olympus, Kane Chronicles)

- Darren Shan: Darren Shan Series, Demonata Series

- John Green: Paper Town

- Jesse Andrews: Me and Earl and The dying girl

Untuk Novel Karya Indonesia yang baru saja aku selesaikan dengan agak terpana semua karyanya Shanty Agatha, kalau ada yang belum baca ayo coba, dia El James-nya Indonesia.

Unknown mengatakan...

MAAG MAU TANYA... KLO DI ALDIKO BISA GAK SIH KITA BACA PAKE BAHAS INDO ? TERIMAKASIH

Rainsendja mengatakan...

Aku masih Bingung bgmna mengunakan e-book setelah didwload ktanya hrus punya file LG.. Bingung

Ardina mengatakan...

Waw nice info kakkk

puspawati ida ayu mengatakan...

Keren... Detail... Thanks a lot... 😊

puspawati ida ayu mengatakan...

Keren... Detail... Thanks a lot... 😊

Unknown mengatakan...

Keren sangat keren tapi lebih keren kalo gambar yang kamu posting kan itu dihilangkan ataupun disamarkan soalnya tulisannya itu bacanya nggak jelas jadi nggak jelas saya
terima kasih

Referral Code Kredivo

 Kredivo adalah kartu kredit digital berupa aplikasi di smartphone yang memberikan kamu kemudahan untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam...